5 Manfaat Bangun Pagi Setiap Hari

Jika Anda adalah seseorang yang terbiasa bangun pagi atau dikenal juga dengan istilah morning person maka Anda boleh merasa bahagia karena tidak semua orang bisa menjadi seperti Anda.
Bangun tidur di pagi hari merupakan sesuatu yang cukup sulit dilakukan oleh beberapa orang. Namun bagi Anda bangun pagi bahkan meskipun di hari libur bukanlah sesuatu yang sulit bagi Anda.  


Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa memiliki kebiasaan bangun pagi sangat bermanfaat bagi kualitas hidup Anda. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki kebiasaan bangun pagi.

1. Anda akan lebih mungkin memiliki sarapan yang sehat
Ada alasan mengapa orang mengatakan sarapan adalah hal yang paling penting. Hal ini karena tidak hanya sarapan bermanfaat untuk metabolisme Anda, namun juga memberi nutrisi penting bagi tubuh dan otak Anda untuk membantu Anda tampil sepanjang hari. 

"Sarapan yang sarat dengan protein dapat membantu membangun dopamin, neurotransmitter yang membantu mengendalikan pusat kesenangan otak Anda dan menyeimbangkan hormon stres kortisol," jelas Brandon Mentore, praktisi obat fungsional dan ahli gizi olahraga. 

2. Anda bisa memiliki waktu untuk berolahraga
Pada pagi hari, tubuh Anda berada dalam kondisi prima untuk bergerak. "Tubuh Anda memproduksi lebih banyak testosteron di pagi hari dan tingkat yang tinggi ini dapat membantu mendukung perbaikan dan pertumbuhan otot," kata Robert S. Herbst, seorang pelatih penurunan berat badan dan kesehatan. Herbst mengatakan bahwa latihan intensitas sedang seperti cardio paling baik dilakukan pada pagi hari. 

3. Paparan sinar matahari
Saat Anda bangun lebih awal, Anda akan terkena sinar matahari jauh lebih banyak daripada bangun terlambat. "Pentingnya cahaya pagi alami telah didukung oleh ilmu pengetahuan," kata Mentore. "Orang-orang yang sering terkena cahaya di pagi hari memliki indeks masa tubuh (BMI) lebih rendah daripada mereka yang tidak."

4. Anda akan mendapatkan tidur malam yang cukup 
"Ritme sirkadian kita secara alami mendorong tubuh kita untuk beristirahat saat senja, tidur saat gelap dan bangun saat matahari terbit," kata Chris Brantner, pendiri situs penelitian tidur SleepZoo. "Jadi jika Anda bangun dari tempat tidur lebih awal secara teratur dan tidur lebih awal juga, tubuh Anda mungkin lebih selaras dengan proses evolusinya yang alami." 

5. Anda menjadi lebih bahagia
Namun para periset di RWTH Aachen University di Jerman menemukan bahwa orang yang sering tidur larut malam sebenarnya berisiko tinggi mengalami depresi. "Kurang tidur dapat menyebabkan depresi yang dapat menyebabkan lebih banyak kekurangan tidur yang dapat menyebabkan depresi," ujar Brantner. 

No comments:

Powered by Blogger.