Max Born Di Google Doodle Hari Ini

Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-135 dari Max Born yang lahir di Breslau, Jerman (sekarang bagian negara Polandia) pada 11 Desember 1882.

Max Born Di Google Doodle Hari Ini
Max Born Di Google Doodle Hari Ini 
Max Born adalah tokoh fisikawan dan matematikawan yang banyak berkontribusi dalam bidang mekanika kuantum, cabang ilmu fisika yang mempelajari benda-benda berukuran sangat kecil, dalam skala atom dan partikel sub-atomik.

Di dunia internasional, Max Born dikenal sebagai penemu Born Rule, sebuah teori yang menggunakan probabilitas matematika untuk memprediksi lokasi partikel-partikel gelombang dalam sebuah sistem kuantum.

Born Rule menjadi bagian penting dari upaya mempelajari dan penerapan mekanika kuantum yang banyak melahirkan berbagai penemuan canggih di dunia modern, termasuk komputer pribadi, laser, dan medical imaging devices (MRI).

Dengan otak cerdasnya, Max Born meraih gelar Ph.D. di Gottingen University, di mana dia kemudian menjadi profesor fisika dan mengajar sejumlah ilmuwan terkenal di masa itu.

Tahun 1933, dengan naiknya Partai Nazi ke puncak kekuasaan, Max Born yang keturunan Yahudi terpaksa mengungsi ke Inggirs. Di sana dia bekerja di St. John’s College dan meneruskan riset fisika.

Sehari sebelum Perang Dunia II pecah di Eropa, pada 31 Agustus 1939, Max Born menjadi warga negara Inggris. Dia dianugerahi hadiah Nobel di bidang Fisika pada 1954 atas kontribusinya di bidang mekanika kuantum.

Max Born tinggal di Edinburgh, Inggris, hingga pensiun pada 1952. Dia kemudian pindah ke Jerman Barat dan tutup usia di negara tersebut pada 7 Januari 1970, pada umur 87 tahun.

Kehidupan Max Born

Diketahui, Max Born lahir pada tanggal 11 Desember 1882 di Breslau, yang dulunya adalah daerah bagian dari Kekaisaran Jerman, namun sekarang menjadi bagian dari Polandia.

Ia belajar di Universitas Breslau dan akhirnya meraih gelar Ph.D di Universitas Gottingen, di mana kemudian mengabdikan dirinya sebagai profesor fisika teoretis.

Sayangnya, dengan kebangkitan Nazisme di Jerman, Born pun terpaksa harus melarikan diri dari Jerman pada 1933 dan pindah ke Inggris. Di sana, ia menjabat sebagai Profesor Filsafat Alam di Universitas Edinburgh hingga pensiun pada 1954.

Berkat teori miliknya, Max Born pun akhirnya dianugerahi penghargaan Nobel untuk pada tahun 1954 di bidang fisika.

Fakta menarik, Max Born ternyata merupakan kakek dari Olivia Newton-John. Salah satu penyanyi, penulis lagu, aktris kenamaan dunia yang tampil di dalam film Grease bersama dengan John Travolta pada 1978.

No comments:

Powered by Blogger.